Blibli Ajak UMKM Yogyakarta Manfaatkan E-Commerce

by Warta Ekonomi
Blibli.com Kerjasama dengan UMKM di DIY & Jateng

Blibli.com mendorong UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk memanfaatkan "e-commerce" sebagai "platform" memperluas pasar ke seluruh Indonesia.

Hal itu dilakukan melalui kerja sama dengan The Joedo Center selaku Pengelola Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta dan pendamping UMKM di DIY dan Jateng dengan menggelar "talkshow" bertema "Business Online: To Be Or No To Be" di Yogyakarta, Jumat (11/5/2018).

"Blibli.com melalui kerja sama itu akan melakukan pelatihan, perekrutan, dan pendampingan UMKM binaan The Joedo Center dan pemasangan Blibli InStore di Galeri UMKM Binaan The Joedo Center," kata SVP Merchant Sales, Operation and Development Blibli.com, Geoffrey L Dermawan.

Menurut dia, kerja sama itu menjadi bagian dari implementasi Program Sahabat Blibli.com, yaitu kemitraan bersama komunitas, lembaga swasta, dan pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan produk dan pendampingan UMKM agar siap "online".

"Yogyakarta merupakan pusat kebudayaan, pariwisata, pendidikan, dan kreatif, yang tercermin di berbagai produk karya UMKM lokal yang khas," ungkapnya.

Ia mengatakan produk UMKM Yogyakarta khas dan kaya akan cerita selaras dengan budaya lokal. Hal ini menjadi daya tarik bagi konsumen yang bisa semakin besar apabila memanfaatkan "e-commerce".

"Kami telah menyiapkan fasilitas yang memudahkan UMKM berkembang bersama Blibli.com, baik dari sisi teknologi, standar pelayanan ekstra bagi pelanggan, Galeri Indonesia kategori khusus yang menjadi semacam etalase produk atau toko bagi para UMKM, beragam metode pembayaran, dan fasilitas pengiriman bebas ongkos kirim," tuturnya.

Menurut dia, UMKM juga tetap dapat memantau perkembangan bisnis melalui aplikasi Merchant Application Tools (MTA) yang telah disediakan. Selain itu, Blibli.com juga menggelar kompetisi tahunan The Big Start Indonesia (TBS) untuk mencari wirausaha UMKM kreatif terbaik di Indonesia, yang menjadi wujud keseriusan Blibli.com dalam mendukung UMKM Indonesia.

Direktur The Joedo Center, Hanitianto Joedo mengatakan kerja sama dengan Blibli.com diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM secara "online", selain memperkenalkan bisnis "online" bagi mereka yang belum mengetahui dan memanfaatkannya. Menurut dia, Blibli InStore adalah inovasi dari Blibli.com, yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan menyediakan fasilitas bagi para konsumen "offline" untuk belanja "online".

Para konsumen dapat menggunakan kios yang tersedia untuk belanja "online" berbagai produk yang tersedia di Blibli.com, dan menikmati fasilitas pembayaran cicilan 0 persen atau cicilan tanpa kartu kredit yang merupakan salah satu keuntungan berbelanja di Blibli.com.

"Kegiatan pendampingan UMKM lokal juga dapat disimak melalui media sosial dengan memantau hashtag #BlibliSahabatUMKM,"pungkasnya. 

 

Related article: 

http://jogja.tribunnews.com/2018/05/11/bliblicom-ajak-pelaku-umkm-di-diy...

Share this Article

Back